be your self

Kamis, 20 September 2012

Membuat Class, Deklarasi Object, Constructor dan Overriding

  1. Membuat Class
    Dalam membuat program ini terdapat 3 class yaitu class Bank, class Nasabah, dan class Budi. Di dalam class Bank adalah perintah untuk memasukkan berapa nilai yang akan dimasukkan, class Nasabah untuk memanggil nilai dari class bank, dan class Budi untuk menampilkan nilai. Didalam class terdapat fungsi get dan set dimana fungsi Get berfungsi untuk memanggil nilai properti yang berada di kelas lain sedangkan fungsi Set digunakan untuk mengisi nilai properti yang ada di kelas lain dengan nilai yang sudah ditentukan. Berikut adalah sintak hasil runningnya :
     Dari class Budi nilai 800 diperoleh dari nilai jumlah tabungan - uang yang diambil dimana untuk nilai menabung, jumlah tabung (saldo+=uang), uang pengambilan juga sudah ditentukan. Untuk pengambilan maka jumlah uang atau saldo dikurangi jumlah pengambilan sisanya akan menjadi saldo kita.  Untuk class Nasabah terdapat method yang digunakan untuk memproses fungsi.


2. Memodifikasi Class bank, class nasabah, dan class budi
     Berbeda dengan yang di atas pada bagian ini terdapat tambahan pada masing-masing class yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Pada class Bank terdapat fungsi overloading constructor digunakan untuk mengeksekusi secara otomtis dimana method ini mempunyai nama yang sama dengan nama class tempat konstruktor di deklarasikan. Pada bagian ini method public Bank () yang sama dengan public Bank yang berada di class Nasabah (bank = new Bank () ).  Sedangkan di class Nasabah  terdapat penambahan overriding dengan class Budi dengan method punyaATM() dengan nilai "Tidak punya kartu ATM" di class Nasabah dimana letaknya paing akhir atau sebelum kurung kurwal terakhir dan untuk class Budi terdapat tambahan overriding  di class Nasabah dengan nilai "Punya Kartu ATM". Berikut adalah gambar hasil running :
Garis yang ada di dalam menggambarkan adanya perbedaan antara gambar sebelumnya dengan sekarang. Dalam gambar saat ini terdapat keterangan yang berisi bahwa si pemilik punya kartu ATM atau tidak. Menggunakan overring karena method yang digunakan sama dan tampilan yang keluar itu dikarenakan kita memanggil hasil keluaran dari class Nasabah.

3. Menggunakan Constructor ketika membuat objek dari class bank
      Sedangkan untuk no 3 ini yang ditambahkan hanya pada class Nasabah dengan hanya memberikan nilai pada Bank saja dari bank = new Bank () menjadi bank =new Bank(1000) dimana digunkan untuk menambahkan nilai saldo dari 1000 menjadi 2000. Berikut adalah hasil running :
Dari gambar diatas terdapat penambahan jumlah menabung dari 1000 menjadi 2000 hal ini dikarenakan adanya constructor dimana cara kerja dari construcotr ini tidak mengembalikan nilai dan tidak dapat dideklarasikan sebagai static, karena pada pada method bank =new Bank(1000) terdapat nilai jadi secara otomatis akan diproses atau dijumlahkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

visitors

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

Live Traffic Feed

About

Copyright © My Inspiration | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com