be your self

Kamis, 08 Maret 2012

CIDR dan VLSM



Ini ni tugas Keamanan Jaringan Komputer, kuliah awal semester 4 ini di pertemuan pertama udah dapet tugas dari Pak Dosen. Dalam tugas saya kali ini akan dijelaskan Apa itu yang dimaksud dengan CIDR dan VLSM, Untuk lebih jelasnya baca aja yuk...

Classless Inter-Domain Routing atau CIDR merupakan suatu cara untuk mengalokasikan IP address dan routing paket Internet Protokol. CIDR diperkenalkanpada tahun 1993 untuk menggantikan arsitektur addressing sebelumnya di internet.Tujuannya untuk memperlambat pertumbuhan tabel-tabel rounting pada router yangmelalui internet.CIDR - Classless Inter-Domain Routing. CIDR juga disebut supernetting. Iniadalah skema pengalamatan IP yang menggantikan sistem lama berdasarkan kelas A,B, dan C. Dengan CIDR, satu alamat IP dapat digunakan untuk menunjuk banyak alamat IP yang unik. Alamat IP CIDR terlihat seperti alamat IP biasa kecuali berakhirdengan sebuah garis miring yang diikuti oleh sejumlah, yang disebut prefix IP.Sebagai contoh: 172.200.0.0/16Awalan IP menentukan berapa banyak alamat ditutupi oleh alamat CIDR,dengan angka yang lebih rendah meliputi alamat lagi. Sebuah awalan IP / 12,misalnya, dapat digunakan untuk mengatasi 1.048.576 Kelas C alamat mantan.CIDR alamat mengurangi ukuran tabel routing dan membuat alamat IP yangtersedia dalam organisasi.

VLSMVariable length subnet mask (VLSM)
memungkinkan Anda Hal inibermanfaat karena memungkinkan penggunaan ruang alamat yang ditugaskan lebihefisien.VLSM juga diartikan sebagai beberapa metode penciptaan alamat sehinggapenggunaan ruang IP lebih efisien. Yang pertama dari metode ini disebut Variable-Length Subnet Masking (VLSM). Subnetting telah lama menjadi cara untuk lebihmemanfaatkan ruang alamat. Subnet membagi satu jaringan ke beberapa bagian. Halini dilakukan dengan mengambil bit dari bagian host dari alamat untuk digunakandalam penciptaan jaringan "sub". Misalnya, mengambil kelas B jaringan 147.208.0.0.Mask jaringan default adalah 255.255.0.0, dan dua oktet mengandung bagian host alamat. Untuk menggunakan ruang alamat ini lebih efisien, kita bisa mengambilsemua delapan bit dari octet ketiga untuk subnet.Menggunakan variable-length subnet masks (VLSM) meningkatkan padasubnet masking. VLSM mirip dengan subnet masking terdahulu karena jugamemungkinkan jaringan untuk dibagi ke beberapa bagian. Perbedaan utama antarakeduanya adalah bahwa VLSM memungkinkan subnet yang berbeda untuk memilikisubnet mask dengan panjang yang berbeda. Untuk contoh di atas, sebuah departemendengan 20 server dapat dialokasikan subnet mask 27 bit. Hal ini memungkinkansubnet untuk memiliki hingga 30 host yang dapat digunakan di atasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

visitors

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

Live Traffic Feed

About

Copyright © My Inspiration | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com